BOKERMOTRET

by Oktarian Bagus Nugroho

PASANG-SURUT (NASIHAT)

02 Oktober 2020

Kamu sudah mengalami banyak kejadian-kejadian ajaib dalam dua puluh tahun ini kamu hidup. Manis dan pahitnya kehidupan, berhasil dan gagal, disukai dan dibenci sepertinya sudah kamu dapatkan.

Siapa sangka? Seorang anak kecil yang hidup nyaman, bahagia serta berkecukupan dari segala aspek harus menerima kenyataan bahwa kamu tidak lagi bisa merasakan harmonisnya keluarga. Ya, bapak dan ibumu sudah berpisah tiga belas tahun lalu. Sebuah momen di mana kamu menyaksikan pertengkaran mereka pada tengah malam itu, kamu terbangun dan hanya duduk menangis di depan mereka. Kamu bahkan tidak paham saat itu kalau pertengkaran mereka ternyata berujung perpisahan.

Saat itu, keadaan memaksamu untuk melek dengan apa yang sebenarnya terjadi. Bapakmu sudah tidak satu rumah dengan kamu, ibumu, kakamu dan adikmu. Kamu harus ikhlas dan sabar menghadapi pasang surutnya perekonomian keluarga yang tidak menentu. Belum lagi cacian dan hinaan dari lingkungan sekitar yang menganggap bahwa anak dari keluarga broken home mana mungkin punya masa depan yang jelas.

Hari-harimu sangat berat saat itu. Setiap sehabis bermain dengan teman-teman sebayamu, kamu selalu pulang dengan menangis di depan ibumu karena ‘kebisingan’ oleh tetanggamu tentang apa yang terjadi dengan rumah. Ibumu adalah orang yang sangat tegar saat itu.

Pertengahan 2012, kalian (sekeluarga) memutuskan untuk pindah ke kampung halaman. Kamu pun memulai kehidupan baru. Beradaptasi dengan lingkungan yang baru, berkenalan dan bersosialisasi dengan orang-orang baru, budaya baru dan semua itu dijalani tanpa peduli masa lalumu yang sangat tidak mengenakkan. Semua hilang begitu saja.

Lalu kamu tumbuh menjadi seorang anak tangguh, berani dan percaya diri. Kamu tidak mau larut dalam kesedihan tersebut. Kamu berani membuktikan kepada ibumu bahwa kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan walau dengan segala keterbatasan. Kamu berhasil melupakan cacian dan hinaan di masa lalu. Hingga pada akhirnya kamu lebih realistis dalam menghadapi kehidupan.

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

%d bloggers like this:

© 2020 BOKERMOTRET

All Rights Reserved