BOKERMOTRET

by Oktarian Bagus Nugroho

PASANG-SURUT (NASIHAT)

Namun apakah semua berjalan lancar dan seperti apa yang kamu harapkan? Nyatanya tidak sesuai dengan ekspektasimu. Kamu terlalu percaya diri sehingga percikan kesombongan itu muncul. Kamu terlalu yakin bahwa segala hal bisa diatasi dengan mudah. Kamu terlalu arogan, angkuh dan menganggap remeh sekitarmu. Hal-hal negatif tersebut semakin menguat di dalam dirimu.

Seiring berjalannya waktu, kamu ditinggalkan orang-orang di sekitarmu. Semua yang sudah kamu perjuangkan runtuh secara perlahan. Teman, sahabat, relasi dan lingkungan yang suportif lambat laun menjauh dari kehidupanmu. Sialnya, keadaan di rumah juga ikut memburuk. Masalah-masalah di antara kedua orang tuamu kembali diungkit.

Kamu merasa gagal dan sudah tidak memiliki semangat apa-apa lagi. Kamu merasa bahwa apa yang sudah kamu perjuangkan selama ini sia-sia. Kamu tidak mampu mempertahankan apa yang sudah kamu bangun sejak bangkit dari masa-masa terburukmu.

Dalam kondisi tersebut, kamu sudah tidak memiliki pilihan lain. Akhir 2019 bahkan kamu sempat berpikiran untuk tidak melanjutkan kuliah. Kamu sudah tidak nyaman dengan situasi yang kamu hadapi. Kamu kehilangan semangat hidup.

Kamu merasa terpaksa harus melanjutkan kuliah semester 4. Pikiranmu saat itu hanya menyelesaikan studimu agar orang tua tidak kecewa telah menggelontorkan sekian juta rupiah untuk pendidikanmu. Akhirnya kamu menjadi pemalas, sering bolos kuliah, telat mengerjakan tugas hingga mengecewakan teman-teman kuliahmu karena tingkahmu sendirimu.

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

%d bloggers like this:

© 2020 BOKERMOTRET

All Rights Reserved